LITERATURE REVIEW: PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERDASARKAN CHATBOT DALAM MENINGKATKAN PROMOSI KESEHATAN
Kata Kunci:
Artificial Intelligence, Chatbot, Promosi KesehatanAbstrak
Latar belakang: Chatbot Artificial Intelligence merupakan suatu program teknologi yang memudahkan masyarakat untuk berinteraksi secara daring. Chatbot di dunia kesehatan diyakini dapat membantu instansi kesehatan dalam mempromosikan kesehatan melalui platform media sosial. Dengan hanya mengetik kata kunci, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi kesehatan tanpa perlu berinteraksi langsung dengan tenaga kesehatan. Tujuan: Menganalisis peran Chatbot dalam dunia kedokteran, termasuk bentuk penerapannya dan efektivitas integrasinya dalam mendukung promosi Kesehatan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan data dari basis data seperti Scopus, PubMed, dan Google Scholar. Artikel yang digunakan ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia serta disaring berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga didapatkan 7 jurnal untuk di-review. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian artikel meliputi: “Artificial Intelligence Chatbot”,“Chatbot in Medicine”, dan “Artificial Intelligence in Health Promotion”. Pencarian artikel dibatasi pada publikasi dalam 5 tahun terakhir. Hasil: Berdasarkan 7 penelitian, didapatkan Chatbot dalam dunia kesehatan dapat memudahkan instansi kesehatan untuk mempromosikan kesehatan dengan cara masyarakat hanya perlu mengetik kata kunci singkat melalui platform daring sehingga dapat dengan mudah didapatkan informasi kesehatan. Kesimpulan: Penggunaan AI, khususnya Chatbot dalam dunia kesehatan memiliki dampak yang cukup signifikan dan berpotensi mendominasi dalam penerapannya, sehingga promosi kesehatan dapat disebarkan ke seluruh golongan masyarakat.