HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASIEN DAN DOKTER MELALUI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) : Sebuah Tinjauan Literatur

Penulis

  • Putri Noviana Agustina Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Alya Shofiyah Zahira Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Kendra Callista Satyafebrianti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rafi Auliya Arbani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Leonardo Tedjaprasadja Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Kata Kunci:

Komunikasi interpersonal, Kecerdasan buatan (AI), Media komunikasi digital

Abstrak

Latar belakang: Komunikasi menjadi aspek yang penting untuk membantu dokter menggali informasi dari pasien. Artificial Intelligence merupakan kecerdasan buatan dalam mendukung media komunikasi di dunia digital untuk membantu menggali informasi yang di butuhkan dalam proses komunikasi. Komunikasi antara dokter dan pasien melalui AI membuka peluang baru untuk perawatan kesehatan yang lebih efektif dengan memfasilitasi konsultasi yang efisien untuk masalah kesehatannya. Penggunaan AI dalam komunikasi dokter dengan pasien menjadi terstruktur dan responsif. Tujuan: Kajian literatur ini menganalisis hubungan komunikasi interpersonal pasien dan dokter dengan meningkatkan interaksi dan umpan balik yang efisien dan akurat dalam pelayanan kesehatan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Metode: Metode yang digunakan adalah pencarian sumber literatur yang berfokus pada artikel terkait dengan komunikasi dokter dengan pasien melalui kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Diperoleh hasil sebanyak 8  jurnal dengan 2 jurnal berbahasa Indonesia dan 6 jurnal berbahasa Inggris dengan rentang waktu 5 tahun terakhir dari tahun 2019-2024. Hasil: Berdasarkan 8 penelitian yang ditelaah diperoleh hasil   bahwa komunikasi interpersonal pasien dan dokter melalui kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dapat         membantu keefektifan dalam pelayanan yang dibutuhkan pasien. Selain itu AI juga dapat membantu hasil dan terapi yang didapatkan pasien dapat mencapai keakurasian yang signifikan sehingga mampu di terapkan dalam dunia kesehatan. Kesimpulan: Penerapan AI dalam komunikasi dokter dan pasien memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas interaksi dan kepuasan pasien.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-16

Cara Mengutip

Agustina, P. N., Zahira, A. S. ., Satyafebrianti, K. C., Arbani, R. A., & Tedjaprasadja, L. . (2025). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASIEN DAN DOKTER MELALUI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) : Sebuah Tinjauan Literatur. Prosiding Seminar Nasional COSMIC Kedokteran, 3, 102–111. Diambil dari https://prosidingcosmic.fk.uwks.ac.id/index.php/cosmic/article/view/74

Terbitan

Bagian

Review

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama