HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASIEN DAN DOKTER MELALUI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) : Sebuah Tinjauan Literatur
Kata Kunci:
Komunikasi interpersonal, Kecerdasan buatan (AI), Media komunikasi digitalAbstrak
Latar belakang: Komunikasi menjadi aspek yang penting untuk membantu dokter menggali informasi dari pasien. Artificial Intelligence merupakan kecerdasan buatan dalam mendukung media komunikasi di dunia digital untuk membantu menggali informasi yang di butuhkan dalam proses komunikasi. Komunikasi antara dokter dan pasien melalui AI membuka peluang baru untuk perawatan kesehatan yang lebih efektif dengan memfasilitasi konsultasi yang efisien untuk masalah kesehatannya. Penggunaan AI dalam komunikasi dokter dengan pasien menjadi terstruktur dan responsif. Tujuan: Kajian literatur ini menganalisis hubungan komunikasi interpersonal pasien dan dokter dengan meningkatkan interaksi dan umpan balik yang efisien dan akurat dalam pelayanan kesehatan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Metode: Metode yang digunakan adalah pencarian sumber literatur yang berfokus pada artikel terkait dengan komunikasi dokter dengan pasien melalui kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Diperoleh hasil sebanyak 8 jurnal dengan 2 jurnal berbahasa Indonesia dan 6 jurnal berbahasa Inggris dengan rentang waktu 5 tahun terakhir dari tahun 2019-2024. Hasil: Berdasarkan 8 penelitian yang ditelaah diperoleh hasil bahwa komunikasi interpersonal pasien dan dokter melalui kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dapat membantu keefektifan dalam pelayanan yang dibutuhkan pasien. Selain itu AI juga dapat membantu hasil dan terapi yang didapatkan pasien dapat mencapai keakurasian yang signifikan sehingga mampu di terapkan dalam dunia kesehatan. Kesimpulan: Penerapan AI dalam komunikasi dokter dan pasien memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas interaksi dan kepuasan pasien.