Gambaran Pemeriksaan BRCA sebagai Upaya Pencegahan Kanker Payudara

Penulis

  • Ni Luh Narita Vijayanti
  • Inawati Inawati
  • Harman Agusaputra
  • Masfufatun Masfufatun

Kata Kunci:

BRCA, Kanker payudara, Mutasi gen

Abstrak

Kanker payudara merupakan kanker dengan angka kejadian nomor 1 pada wanita di seluruh dunia. Skrining kanker payudara merupakan salah satu pencegahan untuk kanker payudara. Pemeriksaan BRCA (Breast Receptor Cancer Antigen) adalah metode skrining yang sudah umum dilakukan di negara maju, namun masih belum terlalu dikenal di Indonesia oleh kalangan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemeriksaan BRCA dengan pencegahan kanker payudara. Metode penelitian ini menggunakan studi literature melalui pencarian PubMed, dan Science Direct, BMC Medicine, dan Springer Link mulai tahun 2011-2022, tanpa batasan bahasa dan jurnal penelitian full text. Hasil review jurnal mendapatkan 6 jurnal mendukung pemeriksaan BRCA dan 1 jurnal tidak mendukung pemeriksaan BRCA. Orang positif BRCA beresiko 85% menjadi kanker payudara, sedangakn persentase mutasi BRCA pada kanker payudara rendah. Pada orang beresiko tinggi mutasi BRCA maka disarankan tes BRCA.
Hasil negatif, itu bukan berarti pasein bebas dari kanker. Kriteria resiko tinggi mutasi BRCA adalah: 1) riwayat keturunan Jweish, 2) Ada keluarga yang mempunyai kanker payudara, terutama terdiagnosis di usia muda (kurang dari 40-45 tahun), Ca Payudara triple negative, high-grade kanker payudara, kanker payudara ductal carcinoma, prognosis buruk, 3) Ada keluarga dengan kanker ovarium epitel, dan high-grade kanker ovarium, 4) Ada keluarga yang positif mutasi BRCA. Peneliti menyimpulkan bahwa BRCA tidak direkomendasikan pada populasi umum di Indonesia. Sementara ini peneliti belum menemukan data populasi BRCA di Indonesia. Selain itu peneliti juga belum menemukan bukti terkait apakah bisa muncul mutasi BRCA seiring dengan perkembangan carcinogenesis kanker payudara atau tidak. Peneliti tidak ada conflict of interest terhadap produk tertentu.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Vijayanti, N. L. N. ., Inawati, I., Agusaputra, H., & Masfufatun, M. (2023). Gambaran Pemeriksaan BRCA sebagai Upaya Pencegahan Kanker Payudara. Prosiding Seminar Nasional COSMIC Kedokteran, 1, 35–41. Diambil dari http://prosidingcosmic.fk.uwks.ac.id/index.php/cosmic/article/view/4