Loyalitas Pasien Penyakit Jantung RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya

Penulis

  • Titik Inayati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Kata Kunci:

fasilitas, loyalitas, kepuasan dan pelayanan

Abstrak

Rumah sakit sebagai institusi yang bergerak di bidang pelayanan kasehatan mengalami perubahan, bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan dengan melakukan pengelolaan yang berdasar pada manajemen badan usaha. Pelayanan yang baik akan menentukan loyalitas pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap loyalitas dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 82 pasien jantung di Rumah Sakit RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Alat analisis menggunakan path analisis untuk menguji hubungan antar variabel dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien., (2) Fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien., (3) Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien, (4) Fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien, (5) Kepuasan pasien secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien, (6) Kepuasan pasien bukan variabel intervening variabel kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap loyalitas pasien.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Inayati, T. . (2023). Loyalitas Pasien Penyakit Jantung RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Prosiding Seminar Nasional COSMIC Kedokteran, 1, 88–101. Diambil dari http://prosidingcosmic.fk.uwks.ac.id/index.php/cosmic/article/view/14